Ketika datang untuk memilih ponsel pintar, seseorang umumnya harus memilih antara perangkat seluler yang mendukung dua platform utama – iOS dan Android. OS lain belum dimasukkan dalam perhitungan karena merupakan bagian yang sangat kecil dari persamaan. Jadi, dengan pertumbuhan yang luar biasa dalam Portal Tekno Geeks industri game seluler, pengembang mendatang siap dengan pertanyaan besar untuk memilih antara pengembangan game iOS dan Android. Kedua platform ini memiliki pro dan kontra sendiri dalam hal pengembangan game. Mari kita lihat perbedaan antara kedua platform ini dalam hal ini.

1. Pengembangan

Android membutuhkan lebih banyak waktu daripada iOS. Salah satu alasan utama untuk ini adalah proses pengujian. Sementara game iOS harus diuji di sejumlah kecil perangkat (iPhone dan iPad), game Android harus diuji di berbagai perangkat dan ini sangat memakan waktu. Sekali lagi, setelah pengujian, ketika bug telah ditemukan dan diperbaiki, pengujian harus dilakukan lagi untuk semua perangkat tersebut. Akibatnya, pengembangan game Android membutuhkan waktu yang cukup lama dibandingkan dengan pengembangan game iOS.

2. Perangkat yang mendukung OS

Seseorang harus mempertimbangkan perangkat yang mendukung platform ini sebelum membuat keputusan tentang platform mana yang akan digunakan untuk pengembangan game. Jika Anda kebetulan berada dalam pengembangan game Android, Anda harus memikirkan pengembangan untuk berbagai perangkat Android yang tersedia di pasar. Ada banyak perusahaan yang memproduksi perangkat Android dan semua perangkat ini datang dengan spesifikasi yang berbeda sehubungan dengan perangkat keras yang digunakan, ukuran layar, resolusi layar, dll. Jadi, ketika seseorang mengembangkan game Android, ia harus memastikan bahwa game tersebut berfungsi di banyak perangkat.

Apple, di sisi lain, memproduksi perangkat dalam jumlah terbatas, dan dengan demikian pengembangan game iOS tidak serumit itu, karena harus mempertimbangkan variasi perangkat yang jauh lebih rendah dibandingkan dengan Android.

3. Menghasilkan pendapatan

Aplikasi seluler menghasilkan pendapatan dalam beberapa cara, yang mencakup pembelian aplikasi, pembelian dalam aplikasi, iklan, langganan, dll. Telah ditemukan bahwa App Store (platform distribusi aplikasi di iOS) menghasilkan lebih dari dua kali lipat pendapatan yang dihasilkan oleh Google Play (platform distribusi aplikasi di Android). Ini karena sebagian besar aplikasi dan game yang tersedia di App Store adalah premium dan pengguna harus membayar untuk mengunduh dan menggunakannya.

Namun, dalam hal jumlah unduhan, skor Google Play melalui iOS karena opsi pengunduhan aplikasi dan game gratis, serta jumlah pengguna Android yang sangat banyak. Ini tidak berarti bahwa tidak ada game premium yang tersedia di Google Play; namun, mereka jauh lebih sedikit dibandingkan dengan iOS. Pendapatan yang dihasilkan dalam aplikasi Android terutama disebabkan oleh pembelian dalam aplikasi, biaya per pemasangan,

Itu sepenuhnya tergantung pada pengembang tentang bagaimana dia ingin menghasilkan uang dari permainan. Namun, untuk pengembalian investasi yang lebih cepat, iOS tampaknya menjadi platform yang ideal untuk pengembangan game.

Leave a Reply

Your email address will not be published.